Latar Belakang Thariqat

A. LATAR BELAKANG

Tarekat (thariqat) adalah pelaksanaan takwa dan segala sesuatu  yang  dapat  mendekatkanmu  kepada  Allâh, seperti  usaha   untuk   melewati  berbagai  jenjang  dan maqâm.  Setiap maqâm  memiliki tarekat tersendiri. Sehingga lahirlah berbagai macam aliran thariqat di Indonesia, diantaranya Thariqat Naqsabandiyah, Qodiriyah, Tijaniyah, dan lain-lainnya. Masing-masing thariqat memiliki pendiri dan sejarah masing-masing.

Thariqat Naqsabandiyah dipelopori oleh Tariqat Hadhrat Khwajah Khwajahgan Sayyid Shah Muhammad Bahauddin Naqshband Al-Bukhari Al-Uwaisi Rahmatullah ‘alaih. Ada yang berpendapat bahwa dari kesemua jalan Tariqat, yang paling mudah dan paling berfaedah adalah Tariqat Naqshbandiyah yang dapat  menunjukkan jalan kepada para penuntut kebenaran.

Dalam thariqat Qodiriyah , dapat dipahami bahwa doktrin Qodariyah pada dasarnya menyatakan bahwa segala tingkah laku manusia dilakukan atas kehendak sendiri. Manusia mempunyai kewenangan untuk melakukan segala perbuatan atas ke hendaknya sendiri, baik perbuatan baik maupun jahat. Sesungguhnya tidak pantas, manusia menerima siksaan atau tindakan salah yang di lakukan bukan atas keinginan dan kemampuan. Dalam paham Qodariyah, takdir itu adalah ketentuan Allah yang menciptakannya bagi alam semesta beserta seluruh isinya, siksa Azali, yaitu hukum yang dalam istilah Al-Qur’an adalah sunnatullah. Di Indonesia berkembang banyak aliran-aliran thariqat lainnya seperti : Thariqat Tijaniyah, Khalwatiyah, Syatariyah, Sammaniyah, dan lain-lainnya.

B. RUMUSAN MASALAH

  1. Apa pengertian dari thariqat?
  2. Apa saja macam-macam aliran thariqat?
  3. Bagaimana penjelasan dari masing-masing aliran thariqat?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s