Latar Belakang Epistemologi

1.1. Latar Belakang

Pembahasan tentang strategi mencari ilmu dengan cara yang benar ini dibahas dalam Filsafat Ilmu. Yang mana di dalamnya telah terdapat beberapa pembahasan mengenai ilmu pengetahuan (theory of knowladge) yang membahas tentang syarat-syarat untuk mencapai pengetahuan ilmiah yang harus diikuti dalam mencari ilmu pengetahuan yang ilmiah. Filsafat ilmu merupakan telaah secara filsafat yang ingin menjawab beberapa pertanyaan seperti: Bagaimana proses yang memungkinkan ditimbanya pengetahuan yang berupa ilmu? Bagaimana prosedurnya? Hal-hal apa yang harus diperhatikan agar kita mendapatkan pengetahuan yang benar? Apa yang disebut kebenaran itu sendiri? Apakah kriterianya? Cara/teknik/sarana apa yang membantu kita dalam mendapatkan pengetahuan yang berupa ilmu? Pertanyaan-pertanyaan tersebut dibahas dalam bahasan epistemologis.

Secara epistemologis pertanyaan filosofisnya adalah dari mana asal penegetahuan dan bagaimana memperolehnya? Apabila yang dihadapi ilmu, pertanyaannya akan sama. Oleh karena itu pengetahuan merupakan obyek epistemologis. Adapun ciri penting dari epistemologi adalah pengkajiannya terhadap berbagai ide tentang ilmu pengetahuan. Menindak lanjuti hal tersebut, dalam makalah yang sederhana ini akan diuraikan tentang beberapa strategi dan metode yang dapat digunakan untuk mencari ilmu pengetahuan yang diuraikan sebagaimana rumusan masalah berikut ini.

1.2. Rumusan Masalah

Dari latar belakang diatas, dapat dirumuskan beberapa permasalahan sebagai berikut :

1.2.1        Apa yang dimaksud Estimologi

1.2.2        Dari mana pengetahuan itu berasal

1.2.3        Bagaimana terjadinya pengetahuan

1.2.4        Apa saja jenis – jenis pengetahuan

1.2.5        Bagaimanakah metode mencari ilmu pengetahuan itu,

1.3.Tujuan

Adapun tujuan penelitian penulis berdasarkan dari rumusan masalah diatas ini adalah sebagai berikut :

1.3.1 Untuk memberikan uraian tentang metode dalam mencari ilmu pengetahuan berdasarkan definisi, urgensi, dan macam-macamnya.

1.3.2. Untuk menguraikan mengenai apa itu pengetahuan (knowledge), asal-usul pengetahuan / sumber-sumber pengetahuan, jenis-jenis pengetahuan, faktor-faktor dalam memperoleh pengetahuan dan hakekat pengetahuan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s